Sabtu, 26 Oktober 2013

Guidelines, Principles and Theories - Interaksi Manusia Komputer

PEDOMAN

*Menjelajahi Antarmuka

- Contoh pedoman Institut Kanker Nasional :

  • Standarisasi urutan tugas
  • Pastikan bahwa link tertanam deskriptif
  • Gunakan judul yang unik dan deskriptif
  • Gunakan kotak centang untuk pilihan biner
  • Mengembangkan halaman yang akan mencetak dengan benar
  • Gunakan gambar thumbnail untuk melihat gambar yang lebih besar



- Pedoman Aksesibilitas
  • Alternatif teks
  • Media berbasis waktu
  • terbedakan
  • diprediksi

*Mengatur Tampilan

- Smith dan Mosier ( 1986) menawarkan lima tujuan tingkat tinggi:
  • Konsistensi menampilkan data
  • Informasi yang efisien asimilasi oleh pengguna
  • Beban memori minimal pada pengguna
  • Kompatibilitas data ditampilkan dengan entri data
  • Fleksibilitas untuk kontrol pengguna menampilkan data

* Mendapatkan perhatian pengguna

- Pedoman ini detail beberapa teknik untuk mendapatkan perhatian pengguna :
  • intensitas
  • penilaian
  • ukuran
  • Pilihan font
  • video inverse
  • berkedip
  • warna
  • Audio

PRINSIP

- Delapan Aturan Emas desain antarmuka ( Shneiderman dan Plaisant , 2010):
  • Upayakan untuk konsistensi
  • Cater untuk kegunaan yang universal
  • Menawarkan umpan balik informatif
  • Desain dialog untuk menghasilkan penutupan
  • mencegah kesalahan
  • Izin mudah pembalikan tindakan
  • Dukungan internal locus of control
  • Kurangi beban memori jangka pendek

TEORI

-Tahapan model:
  • Norman tujuh tahap tindakan
  • Membentuk tujuan
  • Pembentukan niat
  • Menentukan tindakan
  • Pelaksana tindakan
  • Pasrah sistem negara
  • Menafsirkan sistem negara
  • Mengevaluasi hasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar