Sabtu, 26 Oktober 2013

Managing Design Processes - Interaksi Manusia Komputer

- Organisasi Desain dan Dukungan dalam Penggunaan


  • Desain adalah kegiatan kreatif yang bertujuan untuk membangun kualitas multi-faceted objek , proses, layanan dan sistem mereka dalam siklus hidup secara keseluruhan. ( ICSID - Dewan Internasional Masyarakat Desain Industri )
  • Desain secara inheren kreatif dan tak terduga . Perancang sistem interaktif harus memadukan pengetahuan kelayakan teknis dengan rasa estetika mistis apa yang menarik pengguna . 


-Empat Pilar Desain

Empat Pilar Desain





- Pengembangan Metodologi

Ada puluhan metode pengembangan diiklankan , salah satunya adalah Rapid Metode Desain Kontekstual ( Holtzblatt et al . ) .
Metode desain kontekstual cepat melibatkan langkah-langkah berikut :
1 . Permintaan kontekstual
2 . Sesi interpretasi dan pemodelan kerja
3 . Model Konsolidasi dan bangunan diagram afinitas
4 . persona Pembangunan
5 . visioning
6 . storyboard
7 . Desain lingkungan pengguna
8 . Wawancara dan evaluasi dengan prototipe kertas dan mock-up .

- Etnografi Observasi

analisis :


  • Kompilasi data yang dikumpulkan dalam database numerik , tekstual , dan multimedia .
  • Menghitung data dan statistik kompilasi .
  • Mengurangi dan menginterpretasikan data .
  • Sempurnakan tujuan dan proses yang digunakan .


pelaporan :


  • Pertimbangkan beberapa pemirsa dan tujuan .
  • Siapkan laporan dan menyajikan temuan .


Desain - Partisipatif

* Kontroversial

Keterlibatan pengguna lebih membawa :


  • informasi yang lebih akurat tentang tugas-tugas
  • lebih banyak kesempatan bagi pengguna untuk mempengaruhi keputusan desain
  • rasa partisipasi yang membangun investasi ego pengguna dalam keberhasilan pelaksanaan
  • potensi peningkatan penerimaan pengguna sistem final


Di sisi negatif , keterlibatan pengguna yang ekstensif dapat:


  • lebih mahal
  • memperpanjang periode pelaksanaan
  • membangun antagonisme dengan orang-orang yang tidak terlibat atau yang saran ditolak
  • kekuatan desainer untuk kompromi desain mereka untuk memenuhi peserta tidak kompeten
  • membangun oposisi terhadap pelaksanaan
  • memperburuk konflik kepribadian antara anggota tim desain dan pengguna
  • menunjukkan bahwa politik organisasi dan preferensi individu tertentu lebih penting daripada masalah teknis



- Skenario Pembangunan

Skenario hidup :

  • ciri apa yang terjadi ketika pengguna melakukan tugas khas
  • dapat bertindak keluar sebagai bentuk jalan pikir
  • dapat digunakan sebagai dasar untuk rekaman video
*Alat yang berguna
  • tabel komunitas pengguna di atas , tugas yang terdaftar di sisi yang
  • tabel urutan tugas
  • flowchart atau diagram transisi


-Dampak Sosial:

  • Mengantisipasi perubahan fungsi kerja dan potensi PHK.
  • Masalah keamanan privasi dan alamat.
  • Akuntabilitas dan tanggung jawab untuk sistem penyalahgunaan dan kesalahan.
  • Hindari potensi bias.
  • Timbang hak-hak individu vs manfaat sosial.
  • Menilai antara sentralisasi dan desentralisasi.
  • Pertahankan prinsip-prinsip demokrasi.
  • Memastikan akses yang beragam.
  • mempromosikan kesederhanaan dan melestarikan apa yang berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar